Surau & Silek Film Silat Anak-Anak

InfoGaya – Surau & Silek adalah film silat anak-anak yang dapat disaksikan oleh semua kalangan.

Menengok ke puluhan tahun lalu, para tokoh adal Minangkabau cukup mendominasi perkembangan zaman. Sebut saha Muhammad Hatta, Agus Salim, Tan Malaka, Hamka, Soetan Sjahrir, M Natsir, Mohammad Yamin, Usmar Ismail, Charil Anwar dan banyak lagi tokoh lainya menorehkan sejarah yang tak kecil bagi Indonesia.

Para tokoh tersebut besar dalam didikan budaya Minangkabau yang percaya pendidikan di surau adalah pilihan terbaik bagi putra mereka. Terutama bagi yang telah akhil baliq. Dari surau itulah mereka belajar mengaji, berdiskusi tentang segala hal serta belajar silek (silat). Surau adalah tempat terbentuknya pola pikir mereka.

Sayangnya budaya tersebut pun mulai terkikis oleh waktu. Banyak orang menganggap budaya surau tak lagi relevan dengan kehidupan yang kian modern. Jika satu budaya positif memudar, siapakah yang seharusnya dipersalahkan.

Filim Suray & Silek mencoba untuk mengingatkan tentang budaya yang telah lama ditinggalkan tersebut dari sudut pandang anak-anak SD berusia 11 tahun serta seorang pensiunan dosen berubur 62 tahun. Selisih usia inilah yang membuat kontradiksi budaya tersebut semakin menarik. Bagaimana jika budaya surau kembali dihadirkan?

Film fiksi berdurasi 90 menit ini adalah film layar lebar pertama garapan Muhammad Arif (Arif Malinmudo) mahasiswa Pasca Sarjana Jurusan Penciptaan Film ISI Surakarta. Pria yang asli kelahiran Tanah Minangkabau ini ingin mengembalikan budaya nenek moyangnya kepada generasi penerus.

Seluruh pemain yang dilibatkan adalah keturunan asli Minangkabau. Begitu juga lima anak yang menjadi tokoh central di film ‘Surau dan Silek’. Mereka didapat dari hasil casting dan sekolah ke sekolah.

‘Surau & Silek’ mengambil seluruh lokasi syuting di Bukittinggi, Agam dan sekitarnya. Tak ketinggalan film ini juga menggunakan bahasa daerah Minangkabau. Film produksi Mahakarya Film ini di harapkan bisa mengembalikan dan mengingatkan kita pada khasanah budaya Minangkabau.

Para pemain film ini ada Dewi Irawan, Ahmad Tarmimi Siregar, Gilang Dirga, Komo Ricky, Praz Teguh, Yusril Katil, Razy, Bintang Khairafi, Randu, Bima J, Fauquelin, Barry C.

Ceritanya sediri mengenai Adil (11th) adalah seorang anak yatim yang sangat menginginkan Ayah nya masuk surga dengan cara menjadi anak yang shaleh. Di saat yang bersamaan Adil juga sangat berambisi memenangkan pertandingan Silat di kampungnya. Ambisi Adil ini di dasari oleh kekalahan yang di alaminya pada pertandingan periode sebelumnya. Adil di kalahkan oleh Hardi (11Th) dengan kecurangan. Namun hal ini tidak di akui oleh Hardi. Karena menurut Hardi, Adil hanya mencari-cari alasan atas kekalahannya. Teman seperguruan Adil yang juga merupakan sahabatnya; Dayat (11th) dan Kurip (11th) ikut mendukung upaya membalaskan dendam kekalahan tersebut.

Dengan semangat yang tinggi mereka mempersiapkan diri menuju pertandingan berikutnya yang akan di adakan 6 bulan lagi. Dalam masa persiapan tersebut tiga sekawan; Adil, Dayat dan Kurip mengalami berbagai rintangan; Mulai dari guru silat mereka Rustam (27) yang pergi merantau, keinginan Adil untuk menjadi anak shaleh yang kadang bertentangan dengan ambisinya, pertikaian yang terjadi di antara Tiga Sekawan dalam memandang makna silat, Hardi dan kawan-kawan yang selalu mem-bully Adil, Dayat dan Kurip serta pencarian guru silat pengganti yang gagal disaat waktu menuju pertandingan terus berjalan.

Rani (11th) merupakan teman sekolah Tiga sekawan (Adil, Kurip dan Dayat). Rani yang mengagumi Adil secara diam diam berusaha untuk mencarikan solusi terhadap kegalauan yang di hadapi oleh teman-temannya. Berkat usaha Rani inilah semua rintangan yang di hadapi oleh Tiga sekawan ini dapat teratasi. Berhasilkah Tiga Sekawan menemukan guru silat serta memenangkan pertandingan?

Distributor: Mahakarya Pictures
Producer: Dendi Reynold, Emilbias, Gilang Dirga
Direktor Writer: Arief Malinmudo
Cast : Dewi Irawan, Gilang Dirga, Komo Ricky, Praz Teguh, Yusril Katil, Muhammad Razi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *